Friday, June 11, 2010

anak & media

Tertarik dengan banyaknya media bagi anak-anak saat ini?Memang banyak sekali pilihan yang bisa kita berikan,namun manakah yang tepat bagi perkembangan anak?

Sebuah film berkostum boneka berjudul Jim Jam & Sunny ini bedurasi sekitar 45 menit. Film yang terbagi menjadi 4 fragmen ini bercerita tentang Jim Jam yang belajar berkenalan dengan warna biru, hijau dan merah. Pada Fragmen pertama Jim Jam & Sunny bermain ekspedi dan mencari benda-benda petunjuk yang memiliki warna biru. Fragmen kedua menceritakan Jim Jam yang melukis teman-temannya menggunakan cat berwarna hijau. Jim Jam juga belajar bahwa dengan mencampurkan cat warna biru dan kuning ternyata dapat mengahasilkan warna hijau. Pada fragmen ketiga, Sunny menjadi ratu merah dan meminta Jim Jam mengumpulkan semua benda berwarna merah. Pada film ini juga mengajak anak untuk belajar berimajinasi dan mengenalkan benda-benda dan pengertian sederhana.



Film ini cocok untuk anak yang memasuki usia 3 tahun sampai usia sekolah karena sudah menggunakan cukup banyak kosa kata. Jim Jam & Sunny cocok untuk anak laki-laki dan perempuan karena isi film menceritakan hal secara general.
Kesemuanya dilakukan dalam alur permainan dan cerita yang cukup menarik dan juga diselingi nyanyian dan tarian yang membuat anak pasti tertarik untuk menonton.
Ditambah efek-efek grafis yang digunakan, serta tokoh-tokoh berkostum yang lucu, seperti kodok berwarna merah dan hijau, kuda berwarna pink, jerapah garis garis dsb.
Film ini juga mengajak anak untuk melakukan rutinitas pada pagi hari seperti meregangkan badan, memakai baju dan sarapan lewat tarian dan nyanyian sehingga menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Pada fragmen terakhir, anak diajak untuk berimajinasi dan menyukai waktu tidur saat malam. Jim Jam bermain kapal perompak, menyetir mobil, gua harta karun, bermain trampoline, perang bantal dll.

Teori

Jim Jam & Sunny menceritakan pengenalan warna pada anak. Sesuai dengan teori Piaget, anak mulai dapat melakukan klasifikasi dan pengelompokkan warna dan benda yaitu pada tahapan operasional konkrit.


____________________________________________________________________________________
Nah, coba kita luhat penyajian komik Spongebob Squarepants.



Komik Spongebob square pants, memiliki beberapa cerita pendek. Komik full color ini pada cerita pertama berkisah tentang adanya invasi cacing raksasa ke bikini bottom membuat seluruh warga ketakutan. Akhirnya Sandy Cheeks dan Spongebob pergi mengusir cacing tersebut.

Kemudian di cerita kedua tentang spongebob dan Patrick yang tersasar di wilayah seram yang gelap bernama Rock bottom. Spongebob ketinggalan bis terakhir dan kesulitan untuk pulang ke bikini bottom

Cerita ketiga menceritakan datangnya para nelayan di bikini bottom. Mereka menggunakan kail untuk memancing ikan. Tuan Krab telah memperingati Spongebob untuk menjauhi kail-kail tersebut karena mereka dapat berakhir di toko souvenir. Pada awalnya Spongebob takut terhadap kail tersebut, namun karena dibujuk Patrick akhirnya Spongebob bermain-main dengan kail sampai akhirnya ia terjerat kail.
Cerita keempat tentang histerisnya sebuah kerang raksasa ketika ada yang mengganggunya. Seisi kota panic mencari tahu apa yang terjadi pada kerang raksasa tersebut. Spongebob yang terkahir berada di dekat kerang tersebut panic saat seluruh kota memburu tersangka yang tidak diketahui itu.

Apa yang bisa kita pelajari dari komik yang penuh lelucon ini?.
1. Pada cerita invasi cacing raksasa, Shandy dan Spongebob sempat putus asa mengetahui betapa besarnya cacing tersebut, sampai pada akhirnya mereka menggunakan akal cerdik dan berhasilkan mengalahkan cacing tersebut. Ini mengajarkan kepada anak bahwa tantangan sebesar apapun pasti bisa dihadapi dengan cerdas.

2. Ketika tersesat di daerah menyeramkan, Spongebob ketakutan bertemu makhluk Rock bottom yang mengerikan, namun ternyata mereka baik hati. Ini menekankan kepada anak bahwa tidak perlu takut kepada seseorang terlalu berlebihan, karena belum tentu mereka berperilaku jahat.

3. Pada cerita tentang kail ini memberikan pesan bahwa kita sehuarusnya mengikuti saran dari orang tua karena mereka lebih mengetahui mana yang baik dan yang tidak untuk diri kita.

4. Spongebob mengalami perang batin karena Ia merasa bersalah terhadap kerang. Akhirnya Ia memberanikan diri mengakui kesalahannya. Ternyata, Ia terbukti tidak bersalah karena ternyata kerang itu histeris dikarenakan anaknya dicuri oleh Tuan Krab. Cerita ini menyisipkan pesan moral bahwa kejujuran akan berbuah baik.
Alur cerita Spongebob yang lucu dan menarik, serta ilustrasi yang lucu dan penuh warna membuat anak tertarik untuk membacanya. Meskipun cocok untuk semua umur, laki-laki dan perempuan, cerita ini sepertinya diperuntukkan bagi anak usia sekolah ke atas.

Teori

1.Pada cerita invasi cacing, Spongebob dan Sandy dapat mengalahkan cacing tersebut menggunakan akal dan intelegensi mereka. Sesuai dengan Teori kognitif Piaget, spongebob dan Sandy memasuki tahapan operasional formal dimana mereka dapat berpikir abstrak sehingga memunculkan ide untuk memecahkan masalah mereka.

2.Spongebob melakukan akomodasi dari Teori kognitif Piaget dimana ketika Ia kebingungan karena tidak mengerti perkataan penduduk Rock Bottom, Ia mempelajari bahasa yang digunakan penduduk Rock Bottom tersebut dan akhirnya berhasil berkomunikasi dengan mereka.

3.Pada cerita kali ini, Patrick sebagai peer membawa pengaruh terhadap perkembangan moral Spongebob. Menurut Kohlberg, kemajuan dalam perkembangan kognitif tidak menentukan perkembangan penalaran moral. Meskipun figur otoritas (Tuan Krab) melarangnya bermain dengan kail, Spongebob tetap bermain karena ajakan Patrick.

4. Pada cerita ke empat pada komik Spongebob mengandung cerita tentang perkembangan moral yang dialami oleh Spongebob. Ia telah mencapai tahapan Post-Konvensional ke 6, prinsip etis universal sesuai tahapan perkembangan moral Kohlberg, yaitu merupakan tahapan tertinggi dimana seseorang telah mengembangkan standar moral berdasarkan hak asasi manusia dan ketika dihadapkan dengan pertentangan antara hukum dan hati nurani. Spongebob pada awalnya takut terhadap hukum yang akan menjeratnya dan menyadari konsekuensi yang ada namun akhirnya ia lebih memilih jujur.


Analisis


Film Jim jam & Sunny lebih mengarahkan anak untuk mengaplikasikan materi yang mereka dapatkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan dan arah film jelas terlihat. Film ini cocok untuk media pembelajaran bagi anak.

Sedangkan Spongebob squarepants lebih mengutamakan alur cerita yang lucu dan pesan moral yang disampaikan agak tersembunyi di balik lelucon yang ada.
Menurut saya, Jim Jam & Sunny lebih cocok dipertontonkan kepada anak yang lebih kecil karena alur cerita yang lambat dan mudah dimengerti, sementara Spongebob ditujukan bagi semua umur, dan tidak digunakan sebagai media pembelajaran namun hanya sebagai hiburan ringan.

No comments:

Post a Comment